Pendaftaran Pelatihan Nasional Pancasila sebagai Laku
Latar Belakang
Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSBPS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah menjalankan program Revitalisasi, Institusionalisasi, dan Standardisasi Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Indonesia (RISP3TI) sejak 3 tahun terakhir. Kami bekerjasama dengan Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU), UMS sebagai mitra pelaksana. LBIPU bertanggung jawab atas pengelolaan mata kuliah Pancasila di UMS. Pada saat program ini dijalankan, LBIPU UMS terlibat baik secara substantif maupun teknis dalam melaksanakan program (penyusunan modul & Learning Management System, advokasi kebijakan, dan pelatihan).
Selain itu, pada 2 (dua) periode program sebelumnya, kami telah menjalin kerjasama dengan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam berbagai bentuk seperti review terhadap penyusunan modul “Pancasila sebagai Laku” hingga pemerolehan rekomendasi kemitraan bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (PTMA) di Indonesia untuk bergabung pada kegiatan pelatihan yang telah kami laksanakan sebelumnya.
Pada pelaksanaan program tahun ini, kami berupaya memperluas jangkauan geografis Pelatihan Nasional Pancasila sebagai Laku. Kami melaksanakan penyelenggaraan pelatihan ini di 5 (lima) daerah hub di Indonesia: Sumatra, Kalimantan, Jawa Timur dan Indonesia Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta DK Jakarta.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh dosen di Indonesia untuk dapat mengikuti dan mendapatkan manfaat dari pelatihan “Pelatihan Nasional Pancasila sebagai Laku”. Silakan mendaftarkan diri Anda di lokasi pelatihan terdekat.
Persoalan Mendasar dalam Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
Tidak semua perguruan tinggi memiliki lembaga pengelola mata kuliah Pancasila. Perguruan tinggi tidak memiliki materi, metode yang standar, dan muktahir;
Linieritas Pendidikan pengajar mata kuliah Pancasila menjadi persoalan mendasar karena berhubungan dengan wawasan, dan kompetensi;
Lemahnya kreatifitas penyampaian materi, dinamika pembelajaran, proksimitas dosen, dan mahasiswa;
Metode pembelajaran kurang menyasar ranah afektif dan aplikasi tindakan;
Penerimaan Pancasila sebagai ideologi negara dan komitmen Muhammadiyah darul ‘ahdi wal syahadah belum merata diterima oleh semua kalangan dosen dan mahasiswa
Manfaat bagi Peserta
Sertifikat Pelatihan
Modul Pendidikan Pancasila
Buku Panduan
Penerbitan Buku Karya Peserta Pelatihan
Akses Learning Management System
Goodie Bag & Training Kit
Lokasi Pelatihan Nasional Pancasila sebagai Laku tahun 2024